Perbedaan BHP, EHP, THP, DHP, dan SHP




Apa sih bedanya BHP, EHP, THP, DHP, dan SHP?

Pada perhitungan main engine pada kapal pasti anda mendengar atau melihat istilah-istilah BHP, EHP, THP, DHP, dan SHP. Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya apa sih bedanya? Langsung saja kita bahas dibawah ini.
1. BHP
BHP sendiri dibagi menjadi 2 yaitu BHP SCR dan BHP MRC.
  • BHPscr   Brake Horse Power (BHP) adaah daya yang digunakan untuk mengerem atau mengehentikan kapal. Scr (service continue rating) adalah daya penggerak motor pada pelayaran atau kecepatan normal. Adanya pengaruh efisiensi roda sistem gigi transmisi (ηG), pada perencanaan ini memakai sistem roda gigi reduksi tunggal atau single reduction gears (baling-baling hanya bisa memutar satu arah saja sesuai arah jarum jam) dengan losses 2 % untuk arah maju. sehingga ηG = 0,98. BHPscr     = SHP / ηG 
  • BHPmcr BHPmcr (maximum continue rating) Daya keluaran pada kondisi maksimum dari motor induk, dimana besarnya daya BHPscr dibagi dengan koefisiennya. BHPmcr   = BHPscr / 0,9 
2.EHP. EHP (Effective Hourse Power) adalah daya yang dikeluarkan oleh mesin induk kapal.

3.THP
THP (Thrust Horse Power) adalah daya dorong yang dihasilkan propeller untuk mendorong kapal sampai pada kecepatan dinasnya.
THP  = EHP / ηH


4. DHP
DHP (Delivered Horse Power ) adalah daya yang diberikan pada baling-baling kapal untuk mencapai kecepatan tertentu [soegiono, kamus Teknik perkapalan], dihitung dari perbandingan antara daya efektif dengan koefisien propulsif, yaitu :
DHP    = EHP / Pc

5.SHP SHP (Shaft Horse Power) adalah daya yang dihasilkan oleh motor penggerak utama kepada poros baling-baling dan diukur pada poros di strentube [soegiono, kamus Teknik perkapalan]. Untuk kapal dengan kamar mesing terletak dibagian belakang akan mengalami losses sebesar 2 % , sedangkan pada kapal yang kamar mesinnya terletak pada bagian midship mengalami losses sebesar 3 %.
SHP = DHP / Csηb.

Komentar